Resep Ayam Ceker Dimsum

ayam ceker dimsum lezat

waktu: 75 menit

tingkat kesulitan: sedang

hasil: 5 porsi

4.7 stars - dari 555 ulasan

Dimsum ceker ayam merupakan cemilan asin ala China. Tampilannya cantik, teksturnya lembut empuk dan rasanya yang luar biasa memang selalu menggoda.

Jika Anda sangat menyukai menu yang satu ini, buat sendiri saja dan Anda bisa menyajikan dalam porsi yang lebih banyak, tentunya juga tak kalah nikmat dari restoran! Ikuti juga tipsnya agar tekstur dimsum ayam buatan Anda sempurna.

Baca Juga:

Bahan-bahan

Ceker / kaki ayam - 500 gram
Jeruk nipis - 1 buah
Air es, untuk merendam - 1 liter
Bawang putih, cincang - 3 siung
Jahe, kupas dan potong korek api - 2 cm
Cabe merah keriting , iris tipis - 2 buah
Bunga lawang - 2 butir
Saus tiram - 2 sdm
Kecap manis - 2 sdm
Kecap asin - 1 sdm
Saus tomat - 1 sdm
Saus sambal - 2 sdm
Merica hitam kasar - 1/2 sdt
Gula palem - 1 sdt
Air - 500 ml
Minyak goreng - secukupnya

Langkah

1.

Bersihkan kaki ayam, potong ujung kukunya, lumuri jeruk nipis dan garam kasar. Diamkan 10 - 15 menit, setelah itu cuci bersih dengan air mengalir.
2.

Panaskan minyak banyak, goreng ceker sampai kering kecoklatan, kemudian angkat dan tiriskan di atas tisu penyerap minyak sebentar saja, lalu rendam dalam air es selama 2 jam atau sampai kulitnya 'mengembang' dan keriting. Tiriskan.
3.

Panaskan 2 sdm minyak, tumis bawang putih dan jahe sampai harum. Masukkan ceker, beri saus tiram, kecap asin, kecap manis, saus tomat, dan saus sambal. Aduk cepat sampai ceker terbalut saus, kemudian beri air.
4.

Tambahkan merica hitam dan gula palem, aduk-aduk lalu tutup wajan. Masak dengan api kecil sampai ceker empuk dan kuah mengental. Sajikan hangat.

Catatan

1. Bersihkan kaki ayam dengan benar dengan memotong kuku jari kaki dan menggosok kaki ayam dengan banyak garam kasar. Garam akan menghilangkan kotoran di permukaan dan bau unggas yang masih tertinggal.
2. Ceker ayam terlebih dahulu digoreng, kemudian dicelupkan ke dalam air es selama 2 jam hingga ‘menggembung’. Kemudian ceker direbus untuk menanamkan rasa dan mencapai tekstur yang lezat. Untuk rasa yang maksimal, rendam kaki ayam semalaman.
3. Goreng ceker dengan wajan bertutup agar tidak meletus-letus.
4. Bila ingin mengempukkan ceker lebih cepat bisa gunakan panci presto. Ceker yang sudah digoreng, rebus dengan panci presto selama kurang lebih 15 menit, kemudian siap ditumis dengan bumbu dan saus.
IG:@tsaniwismono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *