Resep Bakpao Coklat

bakpao coklat lembut sekali

waktu: 50 menit

tingkat kesulitan: sedang

hasil: 15 buah

4.9 stars - dari 804 ulasan

Yuk, buat sendiri bakpao isi coklat dan atau kelapa yang lembut serta empuk. Semua tips yang perlu diketahui untuk membuat bakpao yang lembut dan mengembang ada di resep ini. Anda juga bisa mengkreasikan isiannya dengan filling lainnya seperti selai strawberry atau ayam suwir tumis.

Membuat bakpao kukus tidak rumit jika Anda mengikuti tips yang tepat. Anda juga dapat menyimpan bakpao ini di lemari es hingga 3 hari. Untuk memanaskan kembali, kukus saja dalam keranjang kukusan, atau dalam microwave di samping mangkuk atau mug terpisah berisi air panas (untuk mensimulasikan lingkungan uap).

Baca Juga :

Bahan-bahan

Tepung protein rendah - 300 gram
Tepung pati jagung - 35 gram
Mentega putih tawar - 30 gram
Garam - 1 gram
Santan encer - 200 ml
Gula - 70 gram
Ragi aktif - 5 gram
Selai coklat - secukupnya

Langkah

1.

Campur santan dan gula aduk hingga larut sisihkan.
2.

Dalam wadah besar, masukan tepung terigu, ragi, tepung pati jagung. Aduk hingga rata saja.
3.

Kemudian masukan santan sedikit demi sedikit sambil mixer berjalan dari speed pelan hingga speed cepat. Kemudian ulen setengah kalis lalu beri mentega dan garam. Ulen kembali hingga kalis.
4.

Setelah kalis, bulatkan jadi dua dan tutup adonan dengan plastic wrap / lap bersih, diamkan selama 15 menit sebelum dibentuk.
5.

Setelah itu, bagi adonan dan timbang seberat 40 gram, lalu bulatkan satu persatu.
6.

Setelah selesai ambil bulatan pertama gilas dengan rolling pin (bisa juga dengan telapak tangan) hingga diameter 10 - 11 cm.
7.

Tekan-tekan dengan jari bagian pinggir, sedikit lebih tipis dari bagian tengah lalu beri isian selain coklat (tujuan bagian pinggir tipis agar tidak terlalu tebal saat adonan lain bertumpuk saat mengunci adonan setelah diberi isian). Lakukan hingga adonan selesai.
8.

Kukus bakpao dengan kukusan yang sebelumnya telah dipanaskan, kukus dengan api sedang-kecil selama 10 menit.
9.

Setelah mengukus, matikan api. Jangan buka tutupnya! Biarkan roti di sana selama 5 menit sebelum dibuka. Roti tidak akan tetap mulus dan tidak kusut karena perubahan suhu yang tiba-tiba.

Catatan

1. Tutup adonan yang telah dibentuk atau belum dibentuk agar tidak kering.
2. Anda dapat menggunakan panci kukusan yang dalam atau kukusan bambu tradisional. Untuk memastikan pelepasan anti lengket, letakkan adonan bakpao di atas kertas perkamen sesuai dengan ukuran bakpao sebelum meletakkannya di dalam kukusan.
3. Ukuran bakpao akan berlipat ganda selama pengukusan, jadi pastikan beri ruang antara setiap roti.
IG:@trieko_ok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *