Resep Donat Jadul

waktu: 1 jam 45 menit

tingkat kesulitan: sedang

hasil: 30 pcs

4.7 stars - dari 640 ulasan
Ikuti IG kami: rasabundaid

Donat merupakan salah satu camilan berbentuk bulat dengan lubang di tengah persis menyerupai cincin. Seperti namanya, donat jadul memang telah dikenal sejak puluhan tahun silam dan rasanya pun tetap melegenda hingga kini.

Ingin bernostalgia dengan kenikmatan rasa donat jadul? Dengan resep ini, Anda bisa menikmati kembali donat jadul yang empuk nan lembut dengan varian yang jauh lebih beragam dan pastinya lezat!

Baca Juga:

Bahan-bahan

Tepung protein tinggi - 500 gram
Gula pasir - 125 gram
Bread improver - 2,5 gram
Susu hangat - 300 ml
Kuning telur - 2 butir
Ragi instan - 1,5 sdt
Margarin - 60 gram
Garam - 1/4 sdt
Topping:
Keju parut - secukupnya
Meises coklat - secukupnya

Langkah

1.

Dalam wadah gelas, tuang susu hangat kemudian beri ragi dan satu sendok gula. Kemudian aduk rata dan diamkan hingga ragi naik atau mengembang.
2.

Dalam wadah, campur tepung, gula, dan bread improver sampai rata, lalu mixer dengan kecepatan 2-3 hingga tercampur rata saja.
3.

Masukkan kuning telur dan susu yang telah tercampur ragi sedikit demi sedikit.
4.

Tambahkan kecepatan mixer 4-5 hingga adonan setengah kalis dan terlihat serat halus. Masukkan mentega dan garam lalu lanjutkan mixer hingga adonan kalis elastis (bila adonan direnggangkan tidak mudah sobek).
5.

Timbang adonan masing-masing seberat 40 gram atau menjadi 30 buah adonan donat.
6.

Bulatkan dengan cara ambil satu adonan dan tarik dengan kedua tangan hingga adonan membentuk bulat. Jika bagian bawah adonan tidak halus, bisa dihaluskan di meja yang beralas.
7.

Kemudian kempiskan atau gepengkan adonan dengan telapak tangan secara perlahan, lubangi bagian tengah donat dengan menggunakan tutup botol atau lingkaran spuit, lakukan cara ini hingga adonan habis.
8.

Alasi donat yang sudah dibentuk dengan kertas roti atau kertas nasi coklat yang telah dipotong menjadi 8 bagian dan telah ditabur tepung terigu agar adonan tidak menempel. Lalu diamkan adonan dan tutup dengan kain atau plastik selama 20-30 menit atau hingga mengembang.
9.

Goreng donat dalam minyak yang banyak dan jangan terlalu sering membalik donat saat digoreng, cukup satu kali saja pembalikan. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.
10.

Biarkan donat hingga dingin, kemudian beri topping meises, keju, atau sesuai selera.
11.

Donat jadul siap disantap.

Catatan

1. Gunakan sumpit untuk mengangkat dan membalikkan donat agar proses menggoreng lebih mudah.
2. Goreng dengan api kecil dan minyak yang banyak agar hasil goreng donat berwarna kuning keemasan, matang merata sampai ke dalam, dan mengembang dengan sempurna.
3. Penggunaan kertas roti berfungsi untuk memudahkan ketika memasukkan adonan donat ke dalam penggorengan satu per satu serta dapat menjaga bentuk donat.
IG:@trieko_ok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *